.

Media Patner

Dayilmu.blogspot.com Dayilmu.blogspot.com Dayilmu.blogspot.com Dayilmu.blogspot.com Dayilmu.blogspot.com
Selamat Datang Para Pembaca Dayilmu, terima kasih sudah berkunjung. Bagi kami kalian adalah tamu istimewa yang mau mampir di blog ini, Follow @Dayat_mc untuk bicara seputar dayilmu.

Tuesday 26 July 2011

» Asal Mula Nama Saykoji Dan Kisah Saykoji




Nama Saykoji Berawal dari Sebuah Ejekan

Bernama lengkap Ignatius Penyami dan biasa disapa Igor, tapi nama bekennya Saykoji. Di balik nama tersebut, ada ceritanya. Awalnya gara-gara terlalu pendiam dan sulit bergaul, banyak teman yang menyebut dia psycho. Akhirnya, julukan itulah yang dipakai sebagai nama panggung, ditambah huruf G menjadi Psycho G.

Hanya, saat masih memakai tulisan seperti itu, orang sering salah sebut. Pernah, kata dia, saat mau manggung, MC yang memperkenalkannya menyebut "Pisko G". Daripada semakin banyak yang salah, dia mencari tulisan yang lebih luwes dan akhirnya ditemukan Saykoji.

Lalu, apa makna G yang ditambahkan setelah Psycho itu? "G-nya bisa ganteng, gendut, geblek, terserah bisa apa saja. Tapi, sekarang mayoritas orang lebih banyak manggil saya Online," katanya, lantas tertawa.

Menurut Saykoji, Psycho G yang merupakan ejekan terhadap diri sendiri itu sengaja dipilih agar bisa menjadi motivasi untuk selalu memperbaiki diri. "Ejekan untuk mematangkan diri sendiri. Misalnya, masih muda sering dicela, sering dihina orang, jangan salah lho, buntutnya bisa melakukan hal yang luar biasa," ujarnya.

Menurut Saykoji, ketika dicela, seseorang itu merasa mendapatkan tekanan sehingga berusaha untuk lepas dari tekanan tersebut. "Segala mineral yang berharga di bumi ini terjadi karena ditekan selama ribuan tahun. Kalau dapat sesuatunya gampang, nggak akan berkembang, nggak akan memperbaiki diri," terang pria yang sudah lama tidak menimbang dan mengukur tinggi badan itu.

Saat manggung, Saykoji terkadang dibantu dua temannya; Hafiz, anggota grup hip hop Batik Trib, dan Guntur, penyanyi yang segera rilis single karya Bebi Romeo. Aktivitas Saykoji saat ini sangat padat. Selain jadwal manggung, dia baru saja bermain film Selendang Rocker produksi Rapi Film. Dia juga sedang dalam tahap negosiasi untuk menerima tawaran sebagai presenter acara TV. Pria yang memiliki 130 ribu penggemar di Facebook itu siap menerima kesibukan, tapi tetap mengutamakan keluarga.

"Saya nggak peduli popularitas. Percuma dapat uang banyak kalau tidak bisa dinikmati sama keluarga. Saya cinta keluarga. Seandainya bisa dapat uang banyak meski saya hanya main-main sama keluarga, saya mau banget," khayalnya. (gen/ayi)

 

Saykoji setelah Lagu Online Booming
Tak Lagi Bingung Susu Anak


Banyak yang mengira bahwa lagu Online milik Saykoji sekadar lagu baru pesanan iklan sebuah provider telekomunikasi. Padahal, lagu tersebut diperkenalkan lewat internet sejak September 2008. Itu dilakukan setelah pria pemilik nama asli Ignatius Penyami yang konsisten berkarir di jalur musik rap tersebut keluar dari sebuah label perusahaan rekaman.

Pada 2007, Saykoji dihadapkan pada sebuah kondisi sulit. Sebagai imbas dari terpuruknya penjualan album lagu secara fisik, perusahaan label Blackboard yang menaunginya memberikan dua pilihan. Yaitu, bertahan di label itu tanpa kejelasan kapan rilis album baru atau dia boleh bebas pergi.

Saykoji memilih yang kedua. Dia hengkang dan bergerak di jalur indie. Bersama Blackboard, Saykoji sudah merilis dua album; Sowhatgituloh (2005) dan Musik Hati dengan lagu andalan Jomblo (2006). "Secara mainstream, Sowhatgituloh album perdana saya," ujarnya saat ditemui di Patra Jasa kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (27/8).

Sebelum itu, Saykoji banyak merilis album indie. Dihitung-hitung, kata dia, bisa sampai sepuluh album. Hanya, hasil rekaman tersebut juga dipasarkan sendiri. "Ya, lucu-lucuan saja. Kualitasnya jelek banget," ujar pria kelahiran Balikpapan, 8 Juni 1983, itu.

Namun, setelah album Musik Hati itu, Saykoji benar-benar tidak merilis album lagi. Agar tetap eksis, tidak ada cara lain baginya selain terus berkarya dan dipublikasikan di internet."Berusaha untuk eksis, walaupun nggak ada uang promo, nggak ada label, ya pakai internet. Jadi, di My Space, YouTube, Friendster, itu saya kencengin semua di situ. Berapa puluh orang saja yang tahu. Yang penting, tetap ada yang tahu," tuturnya.

Termasuk lagu Online yang saat ini booming. Kali pertama dipublikasikan di YouTube pada September 2008, ada klip video yang dia buat sendiri dengan webcam. "Kalau buka YouTube, search Saykoji Online (home version), bakal ketemu videonya," imbuhnya.

Lagu Online merupakan curhat Saykoji atas perilakunya berinternet ditambah cerita teman-temannya yang kerja kantoran dan sering curi-curi waktu untuk online. "Ngerap ini bagian dari hobi, yang di satu titik baru nyadar, oh ternyata bisa ya buat cari uang. Kenapa fokus ke sini, saya sadar bahwa saya nggak atletis, otak nggak pintar, hitung-hitungan nggak oke, prestasi sekolah juga biasa saja," cerita Saykoji tentang keputusannya bertahan di jalur musik rap.

Meski begitu, Saykoji sempat hampir putus asa. Betapa terpuruknya dia ketika keluar label, khususnya urusan finansial. "Nggak usah dulu (dua tahun lalu) deh. Kalau ketemu lima bulan lalu saja, ada sih manggung, tapi ngepas banget. Saya mikir gimana beli popok sama susu anak. Serius. Tanya sama istriku," ungkap suami Tessy itu.

Begitu lagu Online terpakai untuk iklan dan single-nya dipromosikan, keadaan berubah. Semula tinggal menumpang di rumah orang tua, sudah dua minggu ini dia mulai ngontrak dan berencana membeli rumah. "Bisa beli mobil juga, walaupun bekas mertua. Ini pun baru pakai dari uang iklan sama manggung, belum RBT," terang ayah Aaron Miguel Penyami (2,5 tahun) itu.

Saykoji sangat berterima kasih kepada Tessy, perempuan yang menjadi pacarnya sejak 2002 dan dinikahi pada 2005. Dialah yang memotivasi agar Saykoji menjadi rapper sungguhan dan tetap menjaga semangatnya saat didera cobaan. "Kadang ada saatnya mikir apa kerja kantoran saja ya atau jualan cendol. Yang penting dapat uang. Tapi, istri selalu bilang, 'jangan dong!'," ceritanya.

Dulu, Saykoji merasa masih sebagai seorang yang sulit bergaul. Tessy lalu mengkritik, bagaimana bisa seorang yang bekerja di bidang entertainment tidak luwes dalam pergaulan."Ya, dulu memang sulit banget ngomong. Tapi, sekarang sih sudah bisa," ujar pria yang drop out dari Jurusan Jurnalistik Universitas Pelita Harapan karena memilih karir itu. (Sugeng Sulaksono/ayi)

0 comments

Post a Comment

Mari tinggalkan komentar yang baik dan benar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers