.

Media Patner

Dayilmu.blogspot.com Dayilmu.blogspot.com Dayilmu.blogspot.com Dayilmu.blogspot.com Dayilmu.blogspot.com
Selamat Datang Para Pembaca Dayilmu, terima kasih sudah berkunjung. Bagi kami kalian adalah tamu istimewa yang mau mampir di blog ini, Follow @Dayat_mc untuk bicara seputar dayilmu.

Saturday 26 November 2011

Di Balik Rusuh Antrian BlackBerry Murah


[Dayilmu.blogspot.com] - VIVAnews - Membludaknya antrian masyarakat pembeli produk baru Blackberry Bold 9790 (Bellagio) yang berakhir dengan kericuhan menunjukan masyarakat kelas menengah Indonesia tengah berkembang saat ini.

Sayangnya, kelas menengah Indonesia tersebut mengalami lompatan kesejahteraan karena memilih menggunakan uangnya untuk memenuhi gaya hidup semata.

"Ada lompatan dari yang tadinya kelas menengah bawah, tiba-tiba lompat ke gaya hidup dulu," kata pengamat ekonomi Hendri Saparani ketika dihubungi VIVAnews.com, Sabtu, 26 November 2011.

Hendri menilai, fenomena antrian Blackberry yang begitu banyak tersebut menunjukan perkembangan tren masyarakat di sektor telekomunikasi berkembang sangat tinggi. Hal ini bertolak belakang dengan kondisi di negara-negara lain yang memiliki tingkat ekonomi hampir sama dengan Indonesia.

"Fenomena kita berbeda. Di negara lain, begitu ada peningkatan pendapatan, nomor satu bukan sektor telekomunikasi yang naik," katanya.

Meningkatnya daya serap masyarakat di bidang telekomunikasi ini juga terjadi seiring liberalisasi perdagangan dan persiangan ketat pelaku industri teknologi dan informatika. "Jadi jelas, kelas menengah bawah tadi lari ke telekomunikasi," katanya.

"Kalau kita melihat di negara maju, mana ada warung kopi yang menyediakan wifi dan membeli telepon genggam seperti kacang goreng," ujar Hendri.

Fenomena antrian Blackberry juga semakin menegaskan bahwa tingkat pengelolaan keuangan masyarakat Indonesia masih rendah. Selama ini masyarakat yang menggunakan pendapatannya untuk kegiatan investasi rata-rata masih kecil.

• VIVAnews
  

0 comments

Post a Comment

Mari tinggalkan komentar yang baik dan benar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers