[Dayilmu.blogspot.com]Jika anda sedang mempersiapkan diri berkarir di bidang IT atau masih
baru bekerja dalam dunia IT. Ada 10 rahasia yang tidak menguntungkan
yang harus anda ketahui, rahasia ini sebagian besar ditujukan untuk
administrator jaringan, manajer IT, dan profesional destkop support.
10.) Bayaran di bidang IT lebih besar dibandingkan dengan profesi lain, namun karena itulah perusahaan anda dapat mempekerjakan anda kapan saja diluar jam kerja
9.) Anda akan disalahkan jika
terjadi kesalahan konyol pada pengguna komputer
8.)
Anda bisa menjadi orang yang paling dibenci atau paling disegani oleh
bawahan anda jika anda seorang manajer IT
7.) Sertifikat tidak akan selalu
menjamin seseorang untuk menjadi karyawan yang baik
6.) Anda akan sering diminta oleh rekan kerja
untuk memperbaiki masalah PC mereka dirumah yang bukan bagian dari
pekerjaan anda
Karena anda dianggap sebagai orang yang ahli dalam bidang teknologi atau karena anda adalah seorang teknisi jaringan, rekan kerja anda akan sering meminta bantuan dalam menyelesaikan masalah pada PC mereka dirumah seperti, bagaimana menghilangkan virus atau mengaktifkan router nirkabel yang berhenti bekerja karena mati lampu. Beberapa dari mereka bahkan akan membawa PC rumahnya ke kantor anda untuk diperaiki. Jika itu adalah rejeki, maka anda akan dibayar sesudahnya, tetapi tidak sedikit dari mereka yang hanya mengharapkan bantuan anda secara gratis. Membantu orang lain dapat sangat bermanfaat, namun anda harus tahu kapan harus membantu dan kapan harus menolaknya.
Foto : Ilustrasi
5.) Vendor dan konsultan IT akan mengakui kehebatanya ketika proyek berjalan dengan baik, sebaliknya anda akan disalahkan jika proyek yang dijalankan gagal
4.) Anda
akan banyak menghabiskan waktu dengan teknologi lama dibandingkan
dengan mengimplementasikan sesuatu yang baru
2.)
Beberapa profesional IT mengembangkan teknologi berdasarkan kemampuan
dalam menjalankanya
1.)
Profesional IT sering kali mnggunakan jargon untuk menutupi kesalahanya
sumber
10.) Bayaran di bidang IT lebih besar dibandingkan dengan profesi lain, namun karena itulah perusahaan anda dapat mempekerjakan anda kapan saja diluar jam kerja
Kebutuhan akan profesional IT akan
terus meningkat bagi perusahaan, seriring berkembangnya teknologi
dalam bisnis dan kehidupan masyarakat. Karena bayaran bagi profesional
IT cukup besar, perusahaan sering kali menambah jam kerja anda
sewenang-wenang, karena anda dianggap sebagai bagian inti dari
perusahaan. Anda bisa saja bekerja lebih dari 6 jam pada akhir pekan
untuk menyebarkan (deployment) update sebuah
software, atau bahkan menerima telepon pada malam hari untuk mengatasi
jaringan yang bermasalah. Tidak ada kompensasi waktu selama anda
masih dibayar dengan baik.
Beberapa pengguna komputer akan
spontan melimpahkan kemarahanya ketika frustasi. Mereka bisa saja
meluapkanya kepada anda karena anda adalah seorang staff IT dengan
menyalahkan anda seperti “apa yang salah sama komputer ini?”,
“komputer ini rusak, kenapa masih dipasang!” atau “kamu apain
komputernya?kenapa bisa jadi begini?!”. Padahal kesalahannya adalah
karena kecerobohan atau kelalaian dari mereka sendiri, seperti
ternyata mereka tidak sengaja mencabut kabel mouse dengan kaki mereka,
atau bahkan menumpahkan kopi mereka di keyboard komputer.
Jika anda dapat menangani suatu
masalah yang dapat memperpanjang jam kerja bawahan anda, maka anda
bisa menjadi atasan yang disegani bagi mereka. Namun sebaliknya jika
anda tidak dapat menangani sesuatu yang dapat menghambat pekerjaan
atau memperpanjang jam kerja bawahan anda, seperti tiba tiba saja
koneksi jaringan sedang down, maka mereka akan menganggap bahwa
andalah penyebabnya.
Manajer sumber daya manusia pada
sebuah perusahaan akan lebih tertarik untuk merekrut seseorang yang
bersertifikasi, karena dengan hal itu memudahkan departemen HR (Human
Resource) untuk menyeleksi calon pekerja dengan lowongan yang
ada. Sertifikasi akan membuka karir anda lebih luas, menunjukkan bahwa
anda orang yang terorganisir, ambisius dan memiliki keinginan yang
besar dalam memperluas keahlian anda. Jika anda memiliki sertifikasi
yang sesuai dengan keahlian anda, maka hal itu akan menjadi nilai
tambah dan nilai jual bagi anda. Namun pada kenyataanya banyak
pimpinan perusahaan yang mengeluh dengan teknisi yang dipekerjakan
berdasarkan sertifikasi. Mereka umumnya hanya memiliki skill dan
kemampuan yang baik dalam bidangnya tetapi tidak tahu bagaimana
mengatur atau menangani masalah dengan cepat karena tidak memiliki
pengalaman bekerja sebelumnya. Maka sertifikat sebenarnya bukan satu
satunya indikator untuk mengukur seberapa baik seseorang dapat
bekerja.
Karena anda dianggap sebagai orang yang ahli dalam bidang teknologi atau karena anda adalah seorang teknisi jaringan, rekan kerja anda akan sering meminta bantuan dalam menyelesaikan masalah pada PC mereka dirumah seperti, bagaimana menghilangkan virus atau mengaktifkan router nirkabel yang berhenti bekerja karena mati lampu. Beberapa dari mereka bahkan akan membawa PC rumahnya ke kantor anda untuk diperaiki. Jika itu adalah rejeki, maka anda akan dibayar sesudahnya, tetapi tidak sedikit dari mereka yang hanya mengharapkan bantuan anda secara gratis. Membantu orang lain dapat sangat bermanfaat, namun anda harus tahu kapan harus membantu dan kapan harus menolaknya.
Foto : Ilustrasi
5.) Vendor dan konsultan IT akan mengakui kehebatanya ketika proyek berjalan dengan baik, sebaliknya anda akan disalahkan jika proyek yang dijalankan gagal
Bekerja dengan konsultan ITadalah
bagian penting dari pekerjaan dan dapat menjadi salah satu hal yang
lebih menantang. Konsultan akan membantu memberi solusi untuk anda
dalam mengerjakan suatu proyek, dan ketika semuanya berjalan dengan
baik maka ini akan menjadi sebuah kerjasama yang baik. Tetapi anda
harus berhati hati, ketika ada sesuatu yang salah beberapa konsultan
akan menganggap bahwa andalah penyebabnya, dan mengklaim bahwa solusi
yang mereka berikan sudah benar dan bekerja baik pada perusahaan lain.
Sebaliknya jika proyek berjalan dengan lancar, mereka akan mengakui
kehebatan dalam solusi yang merke berikan dan mengabaikan pekerjaan
besar yang telah anda lakukan untuk menyesuaikan dan
mengimplementasikan solusi untuk perusahaan anda.
Hal yang menarik bekerja dalam bidang
IT adalah bahwa kita akan banyak bermain dengan teknologi terbaru
yang ada pada saat ini, namun tidak terjadi di sebagian besar
pekerjaan IT. Yang benar adalah bahwa para profesional IT biasanya
menghabiskan waktu untuk menjaga dan merawat teknologi yang sudah ada
sebelumnya.
3.) Para staff atau karyawan IT adalah hambatan
terbesar dalam menerapkan teknologi yang baru
Salah satu kendala terbesar untuk
migrasi ke teknologi yang baru adalah, tidak ada persetujuan dari
manajemen keuangan karena banyaknya biaya yang harus dikeluarkan.
Ketika mereka sudah memiliki sesuatu dan terbiasa menggunakan yang
sudah ada, mereka enggan untuk mengubahnya, ini bisa jadi hal yang
baik karena pekerjaan mereka tergantung dari kestabilan infrastruktur
yang ada. Namun mereka juga menggunakanya sebagai alasan untuk tidak
menghabiskan waktu belajar sesuatu yang baru.
Banyak profesional IT yang memilih
dan mengimplementasikan teknologi didasarkan pada kemampuan dan
seberapa bebas mereka dapat menggunakan atau menjalankanya, bukan
berdasar pada mana yang benar benar baik dan bermanfaat untuk bisnis
itu sendiri. Sebagai contoh sebuah perusahaan lebih memilih untuk
menggunakan sistem operasi Windows karena latar belakang karyawan
ITnya memiliki kemampuan lebih menggunakan Windows, padahal
menggunakan sistem operasi Linux adalah solusi yang lebih baik.
Banyak profesional IT menutupi
kesalahan yang mereka lakukan dengan memberi penjelasan yang
membingungkan kepada manajer non teknis, karena biasanya mereka tidak
memiliki pemahaman yang baik tentang teknologi. Sebagai contoh untuk
memberitahu seorang manajer bisnis non teknis mengapa aplikasi
keuangan tidak dapat dijalankan selama 3 jam, maka profesional IT
mungkin akan mengatakan “Terjadi blue screen pada layar SQL
yang menjalankan applikasi keuangan” padahal penyebab sebenarnya
adalah update driver yang ia terapkan pada server tidak diuji terlebih
dahulu.
0 comments
Post a Comment
Mari tinggalkan komentar yang baik dan benar