.

Media Patner

Dayilmu.blogspot.com Dayilmu.blogspot.com Dayilmu.blogspot.com Dayilmu.blogspot.com Dayilmu.blogspot.com
Selamat Datang Para Pembaca Dayilmu, terima kasih sudah berkunjung. Bagi kami kalian adalah tamu istimewa yang mau mampir di blog ini, Follow @Dayat_mc untuk bicara seputar dayilmu.

Friday 30 December 2011

Mengonsumsi Makanan Ini, Bikin Tidur Lebih Nyenyak

[Dayilmu.blogspot.com]
Mengonsumsi Makanan Ini, Bikin Tidur Lebih Nyenyak

Jika Anda mengalami masalah sulit tidur saat malam hari, mungkin saja ada yang salah dengan makanan Anda.
Menurut para ahli, mengonsumsi makanan yang tepat beberapa saat sebelum beristirahat dapat membantu Anda lebih cepat mengantuk dan bahkan memperbaiki kualitas tidur Anda.
Cobalah memilih jenis makan dan minuman di bawah ini untuk membuat Anda tidur lebih baik. Namun harus diingat, hindari mengonsumsi makanan dua jam sebelum pergi ke tempat tidur, agar sistem pencernaan Anda mempunyai waktu yang cukup untuk memproses makanan dengan sempurna.
1. Kacang Almond
"Almonds adalah pemenang," kata Jacob Teitelbaum direktur medis Fibromyalgia and Fatigue dan penulis From Fatigued to Fantastic. Almond mengandung magnesium yang membantu Anda tertidur dan relaksasi otot. Selain itu, almond memiliki manfaat tambahan yaitu menyediakan protein yang membantu menjaga kadar gula darah yang stabil selama Anda tertidur. Kacang ini juga membuat Anda mengantuk dengan cara mematikan siklus adrenalin yang mengingatkan Anda untuk beristirahat.
2. Teh Hijau
Menghindari kafein di malam hari adalah salah satu kunci agar mudah tertidur. Namun banyak minuman tanpa kafein yang membantu Anda cepat tertidur, kata Dr. Teitelbaum. Meminum teh chamomile dan teh hijau merupakan pilihan yang baik untuk masalah ini. Teh hijau mengandung theanine, yang dapat membantu Anda mudah tidur.
3. Sup Miso
Miso mengandung asam amino yang dapat meningkatkan produksi melatonin, hormon alami yang dapat membantu Anda mengantuk. Penelitian menunjukkan bahwa cairan panas seperti sup dan teh meringankan gejala flu, membantu Anda gampang tertidur.
4. Pisang
Memakan sebuah pisang sebelum tidur dapat membantu Anda, kata Saundra Dalton Smith, internist yang juga penulis Set Free to Live Free: Breaking Through the 7 Lies Women Tell Themselves. Pisang merupakan sumber yang sangat baik dari magnesium dan potasium yang dapat membantu otot-otot Anda rileks. Pisang juga mengandung triptofan yang diubah menjadi serotonin dan melatonin yang berguna menenangkan hormon otak. Meminum jus pisang yang dicampur dengan secangkir susu sebelum tidur dapat membuat Anda mengantuk.
5. Susu
Yogurt, susu dan keju mengandung triptofan dan memiliki nutrisi yang membuat Anda tertidur. "Efek dari kalsium ialah mengurangi stres dan stabilisasi saraf otak, kata Smith. Ini berarti mengonsumsi yogurt favorit Anda sebelum tidur tidak hanya dapat membantu Anda tidur, tetapi juga membantu Anda berhenti mengkhawatirkan hal-hal aneh.
6. Oatmeal
Oatmeal biasanya Anda santap untuk sarapan, tetapi mencoba semangkuk bubur gandum hangat membantu Anda mendapatkan lebih banyak istirahat, kata Stephan Dorlandt, ahli gizi klinis di California Selatan. Mengonsumsi gula terlalu banyak sebelum tidur menimbulkan efek yang tidak bagus. Sebaiknya gunakan toppingnya dengan buah-buahan, seperti pisang.
7. Snack berprotein tinggi
Jika Anda sulit tidur di malam hari, hal itu bisa jadi karena Anda tidak mengonsumsi makanan berprotein tinggi sebelum tidur. Atau mungkin menu yang Anda pilih adalah makanan mengandung gula tinggi dan karbohidrat sederhana, seperti kue dan permen.
8. Kedelai
Kedelai mengandung fitoestrogen yang sangat membantu khususnya bagi kaum wanita yang sudah dalam masa menopause dalam mengendalikan keluhan rasa tidak nyaman pada malam hari dan membantu Anda tertidur. Camilan ringan seperti edamame dengan kadar garam rendah dapat menjadi pilihan.
9. Buah Ceri
Ternyata, segelas jus ceri merupakan salah satu cara yang efektif untuk tertidur lebih cepat, kata tim peneliti dari University of Pennsylvania dan Universitas Rochester. Dalam penelitian, mereka menemukan bahwa ceri khususnya jenis ceri tart, secara alami meningkatkan suplai melatonin pada tubuh, yang membantu pengidap insomnia.
10. Sereal
Kita tak perlu merasa bersalah karena semangkuk kecil sereal sebelum tidur, terutama sereal rendah gula, biji-bijian. Sereal merupakan camilan sehat dan dapat membantu untuk tertidur.

Sumber: Kompas.com

0 comments

Post a Comment

Mari tinggalkan komentar yang baik dan benar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers