.

Media Patner

Dayilmu.blogspot.com Dayilmu.blogspot.com Dayilmu.blogspot.com Dayilmu.blogspot.com Dayilmu.blogspot.com
Selamat Datang Para Pembaca Dayilmu, terima kasih sudah berkunjung. Bagi kami kalian adalah tamu istimewa yang mau mampir di blog ini, Follow @Dayat_mc untuk bicara seputar dayilmu.

Tuesday 13 March 2012

Bulan, Penyebab Tenggelamnya Titanic




Satu abad setelah bencana Titanic, beberapa ilmuwan telah menemukan "pelaku yang tak terduga" atas tenggelamnya kapal itu. Si tersangka itu adalah Bulan.
Konfigurasi ini memaksimalkan kekuatan pasang naik oleh Bulan di semua samudra Bumi. Itu luar biasa.
Setiap orang yang mengetahui sejarah atau telah melihat film blockbuster mengenai kapal tersebut tahu bahwa penyebab kecelakaan kapal trans-Atlantik itu 100 tahun lalu adalah kapal menabrak gunung es.

"Namun, hubungan Bulan mungkin menjelaskan bagaimana sangat banyak gunung es berada di jalur Titanic," kata Donald Olson, ahli fisika di Texas State University yang tim ahli astronomi forensiknya meneliti peran Bulan.

Sejak Titanic tenggelam saat dini hari 15 April 1912, dan menewaskan 1.517 orang, para ilmuwan telah bertanya-tanya mengapa Kapten Edward Smith tampaknya mengabaikan peringatan bahwa gunung es berada di daerah tempat kapal itu berlayar.

Smith adalah kapten paling berpengalaman di White Star Liner dan telah berulangkali berlayar serta menjelajahi jalur laut Atlantik Utara. Ia telah diberi tugas untuk memimpin pelayaran perdana Titanic, karena ia adalah pelaut yang hati-hati dan punya pengetahuan.

Gunung es Greenland dengan jenis yang ditabrak Titanic biasanya terpancang di perairan dangkal Labrador dan Newfounland. "Karena besarnya, gunung es itu tak bisa terus bergerak ke arah utara sampai cukup mencair dan bisa mengapung lagi atau air pasang tinggi membebaskannya," kata Olson.

Jadi bagaimana demikian banyak gunung es telah mengambang sampai jauh ke selatan, sehingga gunung es tersebut bisa berada di jalur pelayaran di sebelah selatan Newfoundland pada malam itu?

Tim tersebut menyelidiki spekulasi oleh ahli oseanografi mendiang Fergus Wood bahwa sangat dekatnya Bulan pada Januari 1912 mungkin telah menimbulkan air pasang naik yang tinggi, sehingga lebih banyak gunung es daripada biasanya terpisah dari Greenland. Gunung es itu kemudian mengambang dan masih bertambah besar ke jalur pelayaran yang telah dipindah ke selatan akibat laporan mengenai gunung es.

Olson mengatakan, peristiwa "satu kali seumur hidup" terjadi pada 4 Januari 1912, ketika Bulan dan Matahari sedemikian rupa berada di jalur yang membuat daya tarik mereka saling memperkuat. Demikian laporan Reuters seperti dikutip ANTARA di Jakarta, Rabu pagi ini.

Pada saat yang sama, Bulan berada pada jarak paling dekat dengan Bumi pada Januari itu–paling dekat dalam 1.400 tahun, dan peristiwa paling dekat tersebut terjadi dalam waktu enam menit Bulan purnama.

Di atas semua itu, Bumi juga berada pada jarak paling dekat dengan Matahari dalam satu tahun, sehari sebelumnya. "Konfigurasi ini memaksimalkan kekuatan pasang naik oleh Bulan di semua samudera Bumi," kata Olson. "Itu luar biasa."

Penelitian Olson menetapkan bahwa untuk sampai di jalur pelayaran pada pertengahan April, gunung es tersebut–yang ditabrak Titanic–harus terpisah dari Greenland pada Januari 1912. "Gelombang pasang naik air laut yang disebabkan oleh gabungan aneh peristiwa astronomi itu mestinya cukup untuk melepaskan gunung es dan memberinya cukup kemampuan untuk mengapung dan mencapai jalur pelayaran pada April," katanya.

Tim Olson telah berusaha menggunakan pola gelombang untuk menetapkan secara pasti kapan Julius Caesar menyerbu Inggris dan membuktikan legenda bahwa Mary Selley diilhami oleh cahaya Bulan purnama melalui jendelanya untuk menulis kisah klasik Frankenstein.

Penelitian tim tersebut mengenai Titanic mungkin telah mendukung pendapat Kapten Smith–walaupun terlambat satu abad–dengan memperlihatkan bahwa ia memiliki alasan kuat untuk bereaksi sedemikian tenang mengenai laporan tentang es di jalur pelayaran.

"Ia (Smith) tak memiliki alasan pada saat itu untuk percaya bahwa bongkahan es yang ia hadapi sangat banyak dan sangat besar, kata Olson. "Di dalam istilah astronomi, keanehan dari semua variabel ini adalah, yah, astronomikal," katanya.

Penelitian itu akan disiarkan di majalah Sky & Telescope", terbitan April.
  

Sumber: http://wisbenbae.blogspot.com/2012/03/bulan-penyebab-tenggelamnya-titanic.html  

4 comments

Anonymous

blog anda sangat menarik hampir tiap hari saya membacanya,truslah berusaha akar blog anda maju, ;)

kill the gondret 13 March 2012 at 22:09

berita yg bagus,truslh dikembangkan blog anda

kill the gondret 13 March 2012 at 22:12

berita di blog anda sangat menarik semuanya,saya sangat menyukainya hampir tiap hari saya baca! Teruslah perkembangkan blog anda!

Anonymous

halah info lebay!!!!!!

Post a Comment

Mari tinggalkan komentar yang baik dan benar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers