Kampanye melalui iklan
mungkin bisa lebih cepat apabila iklan tersebut membawa banyak pesan di
dalamnya. Kampanye tentang penyelamatan hutan sebagai kelangsungan hidup
manusia mungkin bisa lebih mengena dengan gambar penuh dengan sindiran
dibandingkan berjuta-juta kalimat yang berusaha diucapkan oleh para duta
penyelamatan hutan, berikut adalah 5 iklan kampanye penyelamatan hutan
yang dirangkum redaksi uniknya,com:
1 Hutan yang digantikan dengan lapangan golf
Untuk kesenangan
beberapa orang, ribuan pohon terpaksa dipangkas dan dijadikan lapangan
golf. Hal ini bisa terjadi hampir di setiap benua. Melalui iklannya, WWF
dan Ogilvy & Mather Turki mencoba menghentikan hal tersebut terjadi
di bagian selatan Turki.
Digambarkan seorang
dengan menggunakan kostum golf melakukan gaya swing pertama dengan
menggunakan kapak dan bukan tongkat golf. Dengan tagline yang menjadi
tekanan gambar tersebut : The Par : 200.000 trees.
Untuk mencapai lubang dalam 1 permainan, pemain golf tersebut sama
dengan menumbangkan 200.000 pohon. Lalu iklan lainnya adalah, sebuah
spons untuk mencuci yang digambarkan seperti rumput padang golf, dengan
tagline : A single golf course sucks away 15.000 m3 of water, untuk 1 kotak rumpat padang golf mampu
menyerap air sebanyak 15.000 kubik. Penggambarannya sangat cocok,
dimana kita ketahui spons bisa menyerap banyak air.
2 Pesan
singkat dan sederhana dari selembar kertas bekas
Beberapa pesan untuk
mengurangi pemakaian kertas banyak dikampanyekan belakangan ini, bahkan
piranti canggih pun menjadikan hal ini sebagai keunggulannya. Produksi
kertas memang menjadi salah satu penyebab penebangan hutan. Kampanye
pengurangan kertas pun digiatkan termasuk melalui iklan cetak dari JWT
Manila.
Dengan tagline Recycle Paper, Save Trees, mereka mempresentasikannya
dengan selembar kertas loose leaf yang sudah tersobek pada
bolongan-bolongannya (sebagai representasi kertas bekas) dengan alas
berwarna hijau. Jika diamati lebih dekat bolongan-bolongan pada kertas
tersebut, dengan robekan kecil, menyerupai deretan pohon yang berdiri
tegak. Sebuah ide iklan yang bisa hidup dari hal sederhana dengan pesan
yang singkat.
3 Save Our
Trees
Agensi iklan McCan Erickson Singapore kali ini
membuat iklan Badan Lingkungan Singapore dengan silsilah keluarga yang
diumpamakan sebagi pohon. Digambarkan sebuah silsilah keluarga 4 tingkat
dengan penekanan sosok penebang pohon di pertengahan tingakt 1 dan 2.
Secara pengandaian yang cerdas, pesan yang ingin disampaikan sangatlah
dalam, jika ingin membuat penerus kita bisa melangsungkan hidupnya, maka
pengrusakan lingkungan baiknya menghindari. Penebangan hutan
disejajarkan dengan penebangan silsilah keluarga.
4 Apa yang
kau lalukan akan berbalik padamu
Diyakini oleh beberapa orang, hidup ini seperti
siklus waktu, semua yang pernah kita tanam akan kita dapatkan di
kemudian kelak. Hal ini pula yang menjadi pesan dari iklan yang dibuat
oleh Grey group Singapore. Digambarkan seorang penebang pohon yang
kemudian akan terkena runtuhan dari pohon yang yang ia tebang,mengikuti
siklus dalam hal ini ditunjukkan dalam bentuk lingkaran pohon.
5
Menggunakan furniture bekas untuk menyelamatkan hutan
Dengan tagline Buy
Second Furnitures, Save The Trees, DDB Turki membuat pemandangan hutan
dari atas dengan bagian spot kosong bekas penebangan pohon yang yang
menyerupai furniture, yaitu tempat tidur dan sebuah kursi. Berbeda
dengan yang lainnya, iklan ini bukanlah iklan kampanye sebuah organisasi
yang bergerak dalam bidang lingkungan hidup, melainkan iklan komersil
sebuah toko furniture bekas bernama dank.
0 comments
Post a Comment
Mari tinggalkan komentar yang baik dan benar