.

Media Patner

Dayilmu.blogspot.com Dayilmu.blogspot.com Dayilmu.blogspot.com Dayilmu.blogspot.com Dayilmu.blogspot.com
Selamat Datang Para Pembaca Dayilmu, terima kasih sudah berkunjung. Bagi kami kalian adalah tamu istimewa yang mau mampir di blog ini, Follow @Dayat_mc untuk bicara seputar dayilmu.

Saturday 10 December 2011

Alas Tidur Kesehatan Sudah Dibuat 77.000 Tahun yang Lalu

[Dayilmu.blogspot.com]Kedokteran telah lama dipelajari sejak zaman prasejarah, namun kapan pastinya masih menjadi misteri. Operasi sederhana ditengarai pernah terjadi di zaman batu, namun sekarang ada bukti kuat kapankah manusia mulai mengenal peralatan medis.


http://us.images.detik.com/content/2011/12/09/763/batu-i09com-dpn.jpg

Tim arkeologi yang dipimpin oleh Profesor Lyn Wadley dari Universitas Witwatersrand di Johannesburg baru-baru ini menemukan bukti tempat tidur dari tanaman di Sibudu rock shelter, Afrika Selatan.

Temuan itu diduga berfungsi sebagai wadah sederhana untuk menempatkan tanaman dan manusia dapat tidur di atasnya sebagai alas. Situs tersebut dilacak telah berumur sekitar 77.000 hingga 38.000 tahun.



Tempat tidur setebal satu sentimeter ini diisi oleh daun, berbagai rerumputan dengan lapisan tipis daun di atasnya. Pemilihan daun menunjukkan baiknya pengetahuan manusia zaman dulu mengenai khasiat tanaman lokal. Daun-daun tertentu memiliki bahan kimia insektisida dan efektif mengusir nyamuk dari tempat tidur.

Sebagian besar tanaman di lapisan bawahnya adalah obat herbal. Hal itu menunjukkan bahwa tempat tidur nampaknya digunakan untuk menyimpan tanaman yang berguna agar mudah dijangkau sekaligus menyediakan permukaan yang lembut agar membuat tempat tinggal terasa lebih nyaman.

Analisis mikroskopis tempat tidur menunjukkan bahwa manusia zaman dulu secara teratur mengganti dan mengisi ulang tanaman dalam tempat tidur sebagai salah satu pekerjaannya di situs tersebut.

"Pemilihan daun untuk membuat tempat tidur menunjukkan bahwa penduduk Sibudu kuno memiliki pengetahuan yang mendalam tentang tanaman di sekitar tempat tinggalnya dan menyadari dengan menggunakan obat obat herbal akan memberikan manfaat bagi kesehatan manusia. Dan penggunaan tanaman pengusir serangga memberikan kami pemahaman baru perilaku manusia pada 77.000 tahun lalu," kata Professor Wadley seperti dikutip dari io9.com, Jumat (9/11/2011).

"Manusia zaman dulu mengumpulkan rerumputan dari sepanjang Sungai uThongathi yang terletak tepat di bawah situs. Tempat tidur itu tidak hanya digunakan untuk tidur, tetapi juga menyediakan permukaan yang nyaman untuk hidup dan bekerja," imbuhnya

Ini hanyalah salah satu dari sejumlah penemuan luar biasa mengenai aktivitas manusia kuno di situs tersebut. Sebelumnya telah ditemukan bukti teknologi kuno berupa busur dan panah, jerat dan perangkap berburu, bahkan pembuatan lem sederhana untuk alat-alat batu.





sumber :http://www.detikhealth.com/read/2011/12/09/163429/1787412/763/alas-tidur-kesehatan-sudah-dibuat-77000-tahun-yang-lalu?l1101755

0 comments

Post a Comment

Mari tinggalkan komentar yang baik dan benar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers