.

Media Patner

Dayilmu.blogspot.com Dayilmu.blogspot.com Dayilmu.blogspot.com Dayilmu.blogspot.com Dayilmu.blogspot.com
Selamat Datang Para Pembaca Dayilmu, terima kasih sudah berkunjung. Bagi kami kalian adalah tamu istimewa yang mau mampir di blog ini, Follow @Dayat_mc untuk bicara seputar dayilmu.

Wednesday, 21 December 2011

Berkunjung ke Museum Istana Topkapi, di Istambul - Turki

[Dayilmu.blogspot.com]
Quote:
Istana Topkapi (bahasa Turki: Topkapi Sarayi) atau dalam bahasa bahasa Turki Utsmaniyah: طوپقپو سرايى, biasanya dieja "Topkapi" dalam bahasa Inggris) adalah istana di Istanbul, Turki, yang merupakan kediaman resmi Sultan Utsmaniyah selama lebih dari 400 tahun (1465-1856). Pembangunan istana ini dimulai pada tahun 1459 atas perintah Sultan Mehmed II. Kompleks istana terdiri dari empat lapangan utama dan banyak bangunan-bangunan kecil. Pada puncaknya, istana ini dihuni oleh 4.000 orang.

Sejarah Singkat

Kepentingan Istana Topkapi memudar pada akhir abad ke-17 karena sultan lebih suka menghabiskan waktu di istana baru mereka di Bosporus. Pada tahun 1856, Sultan Abd-ul-Mejid I memindahkan kediamannya ke Istana Dolmabahçe.

Setelah jatuhnya Utsmaniyah pada tahun 1921, Istana ini dijadikan museum berdasarkan dekret pemerintah tanggal 3 April 1924. Istana ini merupakan bagian dari "Wilayah Bersejarah Istanbul", yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO.

Berdiri di tanah seluas sekitar 592.600 – 700.000 m², Istana Topkapi merupakan rumah bagi para Sultan Ottoman selama 4 abad. Dimulai dengan Sultan Mehmed II yang menaklukkan Istanbul dari kekuasaan Kekaisaran Roma pada tahun 1453. Instruksi pertamanya adalah membangun sebuah istana sebagai pusat dari Kesultanan Ottoman.

Mulai saat itulah Topkapi dibangun dan terus mengalami perubahan dari masa ke masa hingga pemerintahan Sultan Abdulmecid [1839-1860] yang meninggalkan Topkapi untuk tinggal di istananya yang baru di Bosphorus, sehingga Topkapi menjadi terlantar. Topkapi baru kembali ‘dilirik’ pada tahun 1923, ketika dilakukan renovasi besar-besaran oleh pemerintah Turki yang mengubah istana menjadi museum yang banyak dikunjungi hingga kini.


Keberadaan Museum Istana Topkapi

Perjalanan menjelajahi istana yang sangat luas ini biasanya dimulai dari air mancur peninggalan jaman Sultan Amet III yang dibuat pada abad ke-18 dengan memakai gaya baroque. Dari sana pengunjung akan mengikuti arah memasuki gerbang kerajaan [Babi Humâyûn] atau gerbang para sultan. Gerbang ini dibuat tahun 1478 dan kini telah dilapisi marmer dari abad ke-19 yang merupakan gerbang untuk memasuki halaman pertama dari lima halaman besar yang dimiliki istana [empat halaman ada di dalam dan satu di luar menghadap ke laut.

Pada halaman pertama yang luas terdapat beberapa area servis, antara lain rumah sakit, tempat pembuatan roti, serta tempat para pelayan istana. Setelah itu kita akan memasuki halaman kedua yang disebut dengan Divan Square melalui gerbang yang dinamakan Bâbüs Selâm dan terdapat sebuah paviliun yang terdiri dari museum arkeologi yang memuat sejumlah benda berharga dari berbagai belahan dunia. Di sebelahnya ada satu museum lagi yang memuat berbagai peninggalan kebudayaan Arab sebelum Islam yang ditemukan di Assyria, Babylon, dan Mesir. Paviliun ini merupakan bangunan pertama yang dibangun Sultan Mehmet II dengan keramik berwarna dominan biru dan toska.

Salah satu bangunan yang menarik perhatian pada halaman ini adalah dapur dengan 20 cerobong asap yang amat tinggi. Dapur ini dibuat pada abad ke 15 terdiri dari 10 bangunan besar, antara lain sekolah, harem, beberapa bangunan untuk dapur serta bangunan yang memuat beberapa kamar untuk para pelayan dapur. Semua yang tinggal di sini merupakan orang-orang yang melayani para sultan, juga wanita-wanita yang tinggal dalam harem. Konon dapur ini dapat menyiapkan makanan untuk 4.000 orang yang disiapkan pelayan dapur yang jumlahnya bisa mencapai 1.000 orang.



Koleksi-Koleksinya
Spoiler for Koleksi:


Pedang Nabi Muhammad SAW
Spoiler for Koleksi:


Denah komplex istana Topkapi
Spoiler for Koleksi:


salah satu lukisan di dapur raja
Spoiler for Koleksi:


model of fountain of Sultan Ahmed III in silver
Spoiler for Koleksi:

Spoiler for Koleksi:


Koleksi Miniatur dari bahan perak
Spoiler for Koleksi:


Cinaderamata obeliks yang ada ditaman depan blue mosque
Spoiler for Koleksi:

Sangkar burung yang mewah dari perak
Spoiler for Koleksi:

Macam2 teko, tempatnya air mawar dan minyak wangi
Spoiler for Koleksi:

Pinggan makanan yang tahan panas
Spoiler for Koleksi:


Koleksi senjatanya
Spoiler for Koleksi:


Koleksi senjatanya
Spoiler for Koleksi:


Koleksi pedang

Saat ini, Istana Topkapi telah beralih fungsi. Bangunan megah itu telah diubah menjadi sebuah museum. Banyak benda peninggalan kejayaan Kesultanan Turki Utsmani yang tersimpan di sana. Tapi mungkin yang paling menarik bagi umat Islam adalah benda-benda peninggalan milik Nabi Muhammad SAW. Tersimpan di ruang Relikui Suci, di sanalah dapat dijumpai tempat kohl (celak) milik Rasulullah, jejak kaki Rasulullah, pedang, jubah, hingga rambut Rasulullah. Dan di sana pula sejumlah benda-benda peninggalan sahabat Rasulullah tersimpan.

Tips Berkunjung ke Istana Topkapi
  1. Areal istana Topkapi sangat luas, karenanya jangan lupa untuk menyiapkan sepatu yang nyaman untuk berjalan jauh dan air minum.
  2. Tiket masuk 10 ytl. Untuk memasuki area harem dipungut biaya 10 ytl lagi.
  3. Dapat menyewa audiophone untuk memandu turis dengan biaya 10 ytl.
  4. Di dalam istana Topkapi tidak diperkenankan memotret.
Hotel yang tersedia:
  • Topkapi Palace Hotel
  • Barcelo Eresin Topkapi Hotel
  • Topkapi Inter Istanbul Hotel



sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=11320734

0 comments

Post a Comment

Mari tinggalkan komentar yang baik dan benar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers