.

Media Patner

Dayilmu.blogspot.com Dayilmu.blogspot.com Dayilmu.blogspot.com Dayilmu.blogspot.com Dayilmu.blogspot.com
Selamat Datang Para Pembaca Dayilmu, terima kasih sudah berkunjung. Bagi kami kalian adalah tamu istimewa yang mau mampir di blog ini, Follow @Dayat_mc untuk bicara seputar dayilmu.

Friday, 16 December 2011

Otak Lebih Mampu Berpikir Jernih Saat Kebelet Pipis

[Dayilmu.blogspot.com]
img
Ketika kandung kemih penuh orang biasanya kebelet pipis. Nah, saat kandung kemih penuh itulah kemampuan otak untuk berpikir dan membuat keputusan akan meningkat.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Psycology Science menemukan saat kandung kemih penuh orang lebih bisa berpikir jernih.

Maka itu disarankan banyak-banyaklah minum air putih sehingga kandung kemih penuh yang lalu bikin orang bisa berpikir jernih.


Meski membuat orang jadi sering buang air kecil, kondisi kandung kemih yang selalu penuh ternyata memiliki manfaat tersendiri bagi kinerja sel-sel otak.


Dr Mirjan Tuk dari
University of Twente di Belanda yang melakukan penelitian itu mengatakan, aktivitas beberapa bagian otak meningkat ketika kandung kemih penuh, kondisi ketika orang kebelet pipis. Bagian yang dimaksud merupakan pusat berpikir yang berhubungan dengan pengambilan risiko.

"Dalam jangka pendek, orang menjadi lebih mampu mengontrol impuls (keinginan sesaat) dan cenderung mengambil keputusan yang memberi keuntungan jangka panjang," ungkap Dr Tuk seperti dikutip dari
Telegraph, Kamis (3/3/2011).

Dalam penelitian tersebut, Dr Tuk melibatkan sejumlah relawan yang dibagi dalam 2 kelompok. Kelompok pertama diminta minum air putih sekaligus 7 gelas masing-masing 750 ml, sementara kelompok lainnya hanya menyeruput air dalam jumlah yang sama sedikit demi sedikit.


Kurang lebih 40 menit kemudian, para relawan diminta menjalani tes psikologis untuk mengukur kemampuan pengambilan keputusan. Dengan jeda waktu selama itu, diperkirakan air putih sudah mengisi kandung kemih hingga penuh pada relawan yang meminum 7 gelas sekaligus.


Hasilnya, para relawan yang kandung kemihnya sudah penuh cenderung menjatuhkan pilihan pada hal-hal yang sifatnya memberikan keuntungan jangka panjang. Relawan yang minumnya sedikit demi sedikit lebih banyak menjatuhkan pilihan pada hal-hal yang memberi keuntungan sesaat.
sumber:http://health.detik.com/read/2011/03/03/120159/1583792/763/otak-lebih-mampu-berpikir-jernih-saat-kebelet-pipis?ld991107763

0 comments

Post a Comment

Mari tinggalkan komentar yang baik dan benar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers