.

Media Patner

Dayilmu.blogspot.com Dayilmu.blogspot.com Dayilmu.blogspot.com Dayilmu.blogspot.com Dayilmu.blogspot.com
Selamat Datang Para Pembaca Dayilmu, terima kasih sudah berkunjung. Bagi kami kalian adalah tamu istimewa yang mau mampir di blog ini, Follow @Dayat_mc untuk bicara seputar dayilmu.

Monday 13 February 2012

Binatang Aneh Yang Hampir Semuanya Terdiri dari Mulut dan Tangan



Binatang aneh yang akan saya bahas ini, sebenarnya merupakan binatang yang bisa dibilang mudah ditemui. Bahkan ada juga binatang yang dipakai sebagai karakter dalam sebuah film kartun. Apa saja binatang aneh yang hampir semua bagian tubuhnya hanya mulut dan tangan?
1. Makhluk laut yang indah dan mengesankan ini adalah keluarganya Patrick Star, ya temennya Spongebob. Atau nama lainnya bintang laut, starfish, atau sea star.

gambar aslinya:



Bintang laut bukanlah ikan, melainkan seekor echinoderm. Bintang laut dan binatang berkulit lunak lain mempunyai duri keras yang tajam mencuat dari kulit mereka. Bintang ular, ketimun laut, pasir dolar, dan bulu babi adalah jenis lain dari echinodermata.
2. Bulu babi:
Lengan bintang laut memberikan bentuk bintang. Starfish mendapatkan nama mereka dari bentuk nya sendiri yang seperti bintang. Kebanyakan bintang laut memiliki lima lengan dan terlihat seperti bintang lima. Bintang laut lainnya memiliki enam, tujuh, atau lebih lengan. Beberapa hanya memiliki empat lengan. Ada sekitar 1.500 jenis bintang laut.
APAKAH BINTANG LAUT BERJALAN DENGAN LENGANNYA?
Sebuah bintang laut menggunakan kaki pada lengan untuk bergerak. Kaki khusus ini disebut kaki tabung karena mereka seperti tabung hampa. Tabung memiliki cangkir isap kecil di ujung.
Kaki tabung yang disebut tabung/kanal menyambung ke saluran yang berjalan di tengah-tengah lengan. Kanal menyambung ke saluran cincin di sekitar pusat tubuh bintang laut itu. Semua tabung berlubang di bintang laut berisi dengan air. Tabung berisi air membuat bintang laut cukup kaku untuk berjalan karena bintang laut tidak memiliki tulang.
Bintang laut mendesak air keluar dari kaki tabung untuk menggerakkan lengannya ke depan. Ia menggunakan cangkir isap pada kakinya untuk melekat ke sebuah permukaan (tempat berpijak). Kemudian, bintang laut menggunakan otot di dasar kaki tabung untuk menarik diri sendiri ke depan.
Bintang laut berjalan dengan melakukan hal ini berulang-ulang.
Jika lengan bintang laut terputus, bintang laut dapat menumbuhkannya lagi. Lengan yang patah bahkan dapat tumbuh menjadi bintang laut baru. Keren…..
BISAKAH BINTANG LAUT BERPIKIR TANPA OTAK?
Bintang laut ngga berpikir kaya kita. Soalnya mereka ngga punya otak. Bintang laut hanya merasakan sesuatu. Meskipun bintang laut ngga punya otak, mereka punya saraf2 di lengan mereka. Saraf2 itu membuat mereka bisa menyentuh, mencium, dan merasakan sesuatu. Bintang laut juga bisa mendeteksi gelap atau terang dengan sebuah titik.
APA YANG DIMAKAN BINTANG LAUT?
Bintang laut memakan binatang lainnya yang hidup di laut. Mereka suka binatang yang bercangkang, seperti kerang dan siput. Mereka juga punya cara makan yang aneh. Mulutnya ada ditengah-tengah tubuhnya. Mereka ngga punya gigi. Mulutnya langsung terhubung dengan perutnya yang seperti tas.
Kalau sudah waktunya makan, mereka menggunakan lengan2 dan kaki tabungnya untuk membuka cangkang kerang, siput laut, atau tiram. Lalu dia mengeluarkan perutnya dan mendorong perutnya ke dalam cangkang. Perutnya membungkus dan memakan tubuh lembut dari si mangsa. Bintang laut mencerna makanannya di luar tubuhnya. Yummy!
 
Sumber : http://www.jelajahunik.us/2012/02/binatang-aneh-yang-hampir-semuanya.html#ixzz1mF6UMUra

0 comments

Post a Comment

Mari tinggalkan komentar yang baik dan benar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers