.

Media Patner

Dayilmu.blogspot.com Dayilmu.blogspot.com Dayilmu.blogspot.com Dayilmu.blogspot.com Dayilmu.blogspot.com
Selamat Datang Para Pembaca Dayilmu, terima kasih sudah berkunjung. Bagi kami kalian adalah tamu istimewa yang mau mampir di blog ini, Follow @Dayat_mc untuk bicara seputar dayilmu.

Saturday 28 January 2012

10 Kebiasaan Yang Dapat Merusak Otak

Beberapa kebiasaan buruk ternyata dapat mempengaruhi performa dan fungsi otak. Kebiasaan buruk ditambah pola makan tidak sehat apabila dilakukan dalam jangka panjang akan berdampak buruk bagi otak. Apa saja kebiasaan yang dapat membahayakan otak?
1. Tidak pernah sarapan
Banyak orang meremehkan pentingnya sarapan di pagi hari, meskipun tidak mengkonsumsi apapun pada pagi hari dapat menurunkan kadar gula darah. Namun hal tersebut akan berdampak serius bagi otak, karena tidak adanya asupan nutrisi untuk menjalankan fungsi (red:otak), yang pada akhirnya berakibat pada degenerasi otak. Saat pagi hari sebaiknya mengkonsumsi makanan yang tidak terlalu komplek atau berat seperti nasi, tapi cukup dengan jus buah, atau roti gandum dengan tambahan selai telur
2. Makan terlalu banyak
Makan dalam porsi yang terlalu banyak memperberat aliran arteri otak yang menyebabkan kemampuan otak menurun. Oleh karena itu, makanlah dalam porsi itu, dan pandailah mengetahui kapan waktunya untuk berhenti makan sebelum kenyang.
3. Merokok
Merokok dapat berakibat fatal bagi otak, dalam jangka panjang merokok dapat menyebabkan otot mengkerut dan bahkan kehilangan sebagian fungsinya. Hal tersebut menyebabkan para perokok rentan terserang penyakit Alzheimer, bahkan diusia muda.
4. Mengkonsumsi Gula Berlebihan
Mengkonsumsi makanan yang mengandung gula berlebihan dapat menghambat proses penyerapan protein dan nutrisi sehinggi menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi dan perkembangan otak akan terganggu. Oleh karena itu, konsumsilah makanan manis secara wajar dan tidak berlebihan.
5. si Polusi Udara
Otak adalah bagian tubuh yang paling banyak menyerap udara. Terlalu lama berada di lingkungan yang berpolusi akan membuat otak bekerja kurang optimal.
6. Kurang Tidur
Cukup tidur atau istirahat sangat penting agar otak dapat beristirahat sejenak. Kebiasaan begadangan dan mengabaikan tidur akan menyebabkan sel otak mati karena kelelahan. Namun yang perlu dijadikan catatan, tidur yang terlalu lama juga tidak baik akan membuat Anda cenderung menjadi pemalas. Usahakan untuk tidur setidaknya 6-8 perhari.
7. Menutup Kepala Saat Tidur
Apabila Anda memiliki kebiasaan tidur dengan menutupi seluruh kepala sebaiknya Anda hentikan mulai sekarang, karena kebiasaan tesebut akan membahayakan otak. Saat Anda tidur dengan menutupi kepala, karbon diaksida atau CO2 yang dihasilkan saat Anda bernafas, akan terbendung dan terpolusi oleh CO2, karena seperti yang telah dijelaskan sebelumnya otak menyerap udara paling banyak.
8. Berpikir Terlalu Keras Ketika Sakit
Bekerja terlalu keras atau belajar hingga larut malam saat kondisi badan sedang sakit juga dapat menurunkan fungsi otak. Apabila mengetahui Anda sedang dalam kondisi tidak sehat sebaiknya jangan terlalu memforsir pikiran, dan banyak istirahat.
9. Otak kurang di stimulation
Berpikir adalah cara sederhana untuk menstimulasi dan melatih otak. Kurang berpikir akan menyebabkan otak mengkerut dan bekerja tidak optimal. Oleh karena itu, rajinlah membaca, mendengarkan musik, bermain catur, dan hal-hal lain yang memacu otak untuk bekerja aktif dan kreatif.
10. Jarang Berbicara
Pembicaraan yang bermutu akan memberikan efek yang baik bagi otak karena merangsangnya untuk terus aktif bekerja, selain juga baik untuk kesehatan.
hal yang dapat merusak otak, 10 kebiasaan yang dapat merusak otak, makanan yang merusak otak, 7 kebiasaan yang merusak otak, kebiasaan yang merusak otak, akibat makan terlalu banyak, kebiasaan yang dapat merusak otak, yang bisa merusak otak, hal yang merusak otak, MERUSAK OTAK
Sumber : http://www.beautydaylily.com/a/10-kebiasaan-yang-dapat-merusak-otak/

0 comments

Post a Comment

Mari tinggalkan komentar yang baik dan benar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers